Minggu, 17 November 2013

Geliat Batik Kota Pekalongan, Branding Worlds City Of Batik

Geliat Batik Pekalongan

Grosir Batik Pekalongan Murah mulai terkenal di kalangan Indonesia maupun dunia. apalagi setelah adanya branding Worlds City Of Batik, memberikan kemanfaatan bagi industri kerajinan rakyat warisan budaya leluhur tersebut, para pengusaha semakin kreatif meluncurkan beragam desain berkaitan dengan batik. H Hasyim Syabana dari Kampoeng Batik Kauman Pekalongan mengungkapkan, tren batik memang tak pernah surut meskipun negara pernah mengalami krisis moneter. Para pengusaha di Kota Pekalongan mampu eksis melakukan pengembangan batik pekalongan. Selain itu banyak pengembangan usaha dan bermunculan pengusaha-pengusaha baru yang kreatif serta inovatif dalam menawarkan produk batik pekalongan. Terlebih, sejak beberapa tahun terakhir ketika Kota Pekalongan meluncurkan branding Worlds City of batik, perhatian masyarakat luas tentang batik terutama batik pekalongan seolah hanya tertuju di kota kecil yang berada di kawasan jalur pantura Jakarta-Semarang ini. Memang sejak muncul branding tersebut, corak batik pekalongan semakin menggeliat, kawasan wisata batik, seperti Kampoeng Batik Kauman menjadi pusat kunjungan dan pengusaha juga berlomba-lomba memperkenalkan dan menyajikan kreasi terbaik mereka, katanya. batik terutama batik pekalongan tak melulu dikemas sebagai busana saja, kreasi batik sudah ditawarkan dengan berbagai desain sesuai kebutuhan masyarakat, mulai interior suatu rumah, perangkat ibadah baik mukena samapai sajadah dan sebagainya. Kemudian, model-model busana batik pekalongan juga ditawarkan dalam tampilan desain dan motif yang berani mengikuti perkembangan mode yang tengah berkembang di masyarakat, termasuk warna maupun desain pakaiannya sendiri. Kalau saya cenderung pada model busana pria wanita dan anak-anak, ada sebagian seperti mukena. Semuanya alhamdulillah banyak diminati oleh masyarakat, kebanyakan dari luar daerah, tandas Hasyim. Berbagai tawaran event pameran di luar daerah pun terus diikuti untuk memasarkan batik yang diproduksi sekaligus mengenalkan keberadaan Kampoeng Batik Kauman bagi masyarakat luas pengunjung pameran.

Peran Pemerintah

Disebutkan, peranan pemerintah daerah dalam mengusung pengusaha batik pekalongan mengikuti kegiatan pameran juga tak dipungkiri bisa menambah jaringan pasar batik pekalongan. bahkan pasar nasional telah mengunggulkan produk batik pekalongan. Pada saat kegiatan pameran di Jakarta, hampir semua daerah yang ikut dalam pameran dan menyerbu produk Batik Pekalongan menyatakan, Batik Pekalongan belum terkalahkan. Bahkan mereka tidak melihat patokan harga, terangnya. Karena itu, popularitas batik pekalongan telah menjadikan pasar nasional memberikan pengakuan terhadap keberadaan dan hasil produksi Batik Pekalongan.

Teruslah menggeliat batik pekalongan

Demikian Share mengenai geliat batik Pekalongan. Geliat ini yang akan terus mempertahankan dan memajukan batik Pekalongan. Terimakasih atas perhatiannya Suka dengan artikel ini? Share ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar